Under Contruction

Senin, 05 September 2011

Synchronous Digital Hierarchy (SDH)

Synchronous Digital Hierarchy (SDH)

3.1 Pengertian SDH

SDH (Syncrhonous Digital Hierarchy) merupakan salah satu teknologi sistem transmisi di mana terdapat hirarki multiplexing secara digital yang berbasis pada transmisi sinkron dengan menggunakan atomic clock dan telah ditetapkan oleh ITU-T. Dalam dunia telekomunikasi, sejumlah multiplexing sinyal-sinyal dalam transmisi menimbulkan masalah dalam hal pencabangan dan penyisipan (add/drop) yang tidak mudah serta keterbatasan untuk memonitor dan mengendalikan jaringan transmisinya.
SDH dibuat untuk menutupi kekurangan-kekurangan sistem transmisi sebelumnya yaitu PDH (Plesiocrhonus Digital Hierarchy) yang tidak bisa mengatasi penambahan kapasitas yang besar dan keseragaman. Keseragaman yang dimaksud adalah standar yang sama untuk setiap negara, yaitu Eropa menggunakan standar E1 (2.048 Mbps) dan Amerika menggunakan T1 (1.544 Mbps), dari kedua standar yang berbeda ini akan sulit meng-crossconnect kedua benua apabila tidak memiliki keseragaman. Teknologi SDH bisa meng-handle teknologi PDH, tetapi vendor tidak lagi memproduksi PDH, solusinya yaitu mengembangkan perangkat PDH yang telah ada. Teknologi SDH mampu melakukan self-healing yaitu pengarahan ulang (rerouting) lalu lintas komunikasi secara otomatis tanpa interupsi layanan.

3.2 Fungsi SDH
Fungsi Dasar SDH adalah sebagai berikut :
1. Mengubah sinyal bipolar PDH ( Plesiochronous Digital Hierarchy) input menjadi sinyal unipolar NRZ (Non Return Zero)
2. Menempatkan sinyal unipolar NRZ (Non Return Zero) pada container-nya masing-masing :
a. C-12 : 2048 Kbps (1 E1)
b. C-3 : 34.368 Kbps (16 E1)
c. C-4 : 139.264 Kbps (1 STM )
8
3. Melengkapi sinyal-sinyal C-12, C-3 dan C-4 dengan byte-byte :
a. Overhead (POH)
b. Pointer
4. Menggabungkan sinyal-sinyal yang sudah dilengkapi dengan byte-byte Overhead dan Pointer menjadi satu deretan sinyal serial.
5. Mengubah sinyal hasil multiplexing menjadi :
a. Sinyal Bipolar CMI (Coded Mark Inverted) untuk STM 1 yang dikirimkan melalui radio gelombang mikro digital SDH / melalui level SDH dengan gelombang yang tinggi.
b. Sinyal dengan daya optik untuk STM-1 yang dikirimkan melaui kabel optik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Buku Tamu ( isi )


ShoutMix chat widget

Anda diBayar Rp.100/klik